Header Ads

[Sari Beauty Diary] Tips Make up Tahan Lama, Hanya 4 Langkah!

tips syantiiiiik


Siapa sih yang sebel kalau udah make up, eh 20 menit setelahnya, make up kok luntur kena keringat, kok di garis senyum, timbul crack, mau touch up nggak sempat. Maunya kalau make up hasilnya flawless dan awet gitu kayak rindu aku ke kamu.

Kadang, terlalu fokus dengan make up atau malah kalap, pengin pakai make up ini itu, pengin make up yang sedang hitz, nggak tahu cocok atau nggak di wajah, yang penting sikaaaat aja. Ternyata hal yang paling mudah, hal yang dasar, essential suka terlupa.

Aku kalau make up suka melakukan persiapan terlebih dahulu, melakukan banyak pertimbangan, bukan ribet sih, tapi memang berpikir, cocok nggak ya, berlebihan nggak, ini nanti make up bertahan sampai berapa jam, di kulit cocok nggak? Rewel yaaa.. meskipun kulit tergolong normal cenderung kering, dan nggak ada alergi dengan produk, maunya sih kalau pakai make up tidak mengorbankan kesehatan, kekenyalan, kelembaban kulit wajah.

skincare yang aku pakai
Ada tips untuk teman - teman yang bingung agar make up tahan lama, apalagi yang nggak ada waktu untuk touch up. Tips ini aku rangkum dari pengalaman dan juga curhatan teman - teman :

1. Sebelum make up 


Persiapan sebelum make up harus diperhatikan, mulai dari menyiapkan “make up untuk siang hari atau malam”, “acara formal atau casual”, “Indoor atau outdoor”, dan masih banyak lagi, kalau perlu bikin check list. Dengan memperhatikan detail sebelum make up, kita nggak akan salah menempatkan make up ke dalam suatu acara, nggak hanya kostum yang bisa salah, make up pun harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Nggak mungkin dong make up ke acara formal yang butuh full make up dipakai untuk ke kampus, duuuh rasanya "berat" banget ya kalau dilihat, kasihan juga kulitnya kalau terlalu sering full make up.

Selain membutuhkan check list, persiapan sebelum make up lainnya adalah penggunaan skincare. Kulit wajah jangan langsung terkena make up, kasihan kulitnya nanti terasa “berat” dan wajah cepat lelah. Penggunaan skincare untuk merawat kulit wajah meskipun menggunakan make up, percaya atau tidak, aku merasa penggunaan skincare lebih “ngeblend” ke kulit.

Perawatan skincare tentunya tergantung dengan jenis kulitmu, gunakan skincare seperti biasanya, tapi kalau aku, saat menggunakan make up, tidak menggunakan krim pagi atau suncare, karena aku biasanya menggunakan foundation atau cushion saat make up yang formal gitu, dan setiap cushion atau foundation yang aku pakai sudah ada perlindungan sinar matahari.

Cek juga bahan skincare maupun make up, terutama foundation atau cushion, apa ada kontradiktif dengan produk kosmetik lainnya. Cek cek sebelum pakai.

cushion yg aku pakai






2. Kenali jenis kulitmu

Aku memiliki jenis kulit normal cenderung kering, maka kebutuhan akan pelembab, wajib hukumnya! Kenapa? Karena menghindari hasil make up yang crack, biasanya di daerah garis senyum. Make up casual atau formal, harus pakai pelembab terlebih dahulu. Banyak banget kan produk pelembab, bisa pakai produk lokal, seperti viva cosmetic yang murah banget, hingga pelembab sekaligus primer, boleh.

Mengenali jenis kulit juga membuat riasanya semakin cantik. Pernah loh aku gonta gati foundation, kan ngehitz tuh riasan yang hasilnya matte, termasuk foundation banyak yang menjual dengan finishing matte, waduh galau juga nih, karena ada beberapa produk foundation yang kurang cocok di wajah aku, bukan alergi tapi hasil akhirnya kayak kurang meresap di kulit, kurang ngeblend, kaku. Nggak apa sih kalau coba produk dengan tujuan ingin mencari yang cocok di wajah, kalau udah cocok biasanya kan susah untuk ke produk lainnya.

Sekarang suka ke foundation wardah yang cair, hasilnya semi dewy ke wajah aku, meskipun dipakai saat siang hari, nggak terlihat terlalu glowing atau berminyak, meresap gitu, dan lumayan ringan lah untuk foundation.

Setiap orang memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda, meskipun sama - sama berjenis kulit kering, kadang ada yang keringnya tuh sampai bikin kulit tipis - tipis terkelupas, ya ujung - ujungnya pakai make up cocok-cocokan.



3. Foundation


Selama ini terbiasanya dengan foundation yang padat, karena memang lebih nampol dan tahan lama, tapi lama - kelamaan kok penasaran dengan foundation cair. Kalau yang padat biasanya aku pakai saat acara formal, saat rias orang lain. Awet banget!

Foundation cair yang aku pakai saat ini adalah wardah, meskipun memilih satu tingkat shade yang lebih muda, nggak kelihatan kayak topeng, seperti pakai cushion yang ringan, melainkan lebih mengcover wajah, lebih rata warna wajah.

Kalau foundation nggak terlalu bermasalah, kebanyakan sih cocok. Foundation yang bagus, ya foundation yang cocok dengan wajah.

Lain halnya dengan jenis foundation, penting juga aplikasi foundation ke wajah, kadang yang bikin carck foundation adalah kurang rata saat aplikasi, wajah terlalu kering, maka lebih baik sebelumnya menggunakan foundation. Sudut - sudut wajah kadang terlupakan, seperti sudut hidung, leher, dahi, pelipis, setelah diaplikasikan pastikan sudah  rata ke semuanya, jangan sampai ada bagian yang terlalu tebal atau tipis saat terkena foundation.

kebutuhan dasar :))



4. Setelah make up

Setting spray sekarang menjadi salah satu produk andalan agar make up awet berjam - jam, ada yang menggunakan setting spray setelah make up, ada juga yang menggunakan sebelum make up. Kalau aku sih menggunakan setting spray setelah make up, cukup beberapa kali semprot. Banyak banget setting spray yang ada di toko - toko. Setting spray yang murah, bisa coba produk dari Pixy.



Mudah kan 4 langkah agar make up tahan lama, kalau teman - teman punya tips lainnya, boleh di share di kolom komentar.

No comments

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu ya :)

Powered by Blogger.