Header Ads

Viva cosmetics gathering and company visit

surabaya beauty blogger


Saat SMA, masa – masa puber, sudah wajar yang namanya anak gadis memperhatikan penampilan, dan melakukan perawatan khususnya pada wajah. penginnya sih wajah tampak bersih dan segar, tapi ya gitu deh, pengetahuan tentang skincare belum begitu banyak, akhirnya tanya Mama, terus Mama tuh beliin aku produk viva yaitu face tonis dan milk cleanser yang bengkoang. Kata Mama, sebelum make up, mending rajin bersihin muka biar nggak gampang jerawatan. Oke sip, langsung nurut.


narsis dulu :))

Produk Viva Cosmetics memang sudah nggak asing lagi, apalagi Mama sebagai influence yang paling andal dalam dunia kosmetik dan skincare, ya namanya anak gadis pastinya penasaran dengan kosmetika apa saja yang dipakai Mama, kalau Mama yang pakai tuh rasanya udah terjamin kwalitasnya gitu. Setelah memakai face tonic dan milk cleanser, kemudian coba bedak tabur, milih warna yang cocok untuk wajah, dan mulai memakai produk make up yang lain.

Nggak nyangka loh ternyata viva cosmetics sudah 55 tahun, dari zamannya Mama punya anak tiga, sampai punya cucu dua, viva cosmetics tetap setiap untuk memberikan produk kosmetik maupun skincare untuk wanita. Berawal dari mengenal produk viva cosmetics saat masih remaja, berasa seneng gitu karena dapat kesempatan untuk gathering bersama viva cosmtics dan Surabaya Beauty Blogger apalagi bisa kunjungan ke pabrik viva cosmetics.

viva penghargaan
sebagian kecil penghargaan, masih banyak lagi penghargaan yang diraih


55 tahun bukan waktu sebentar apalagi konsisten menjaga kualitas produk dan menciptakan produk yang sesuai dengan daerah tropis. Saat menuju ke lokasi gathering, berjejer tuh berbagai penghargaan yang di raih oleh PT. Vitapharm. Selain viva, ada beberapa brand di bawah naungan PT. Vitaphram, yaitu viva queen (lebih advance), viva white (khusus untuk produk skincare), Red A (untuk remaja).

Bahan – bahan yang digunakan oleh viva cosmetics merupakan ekstrak bahan alami dan menggunakan teknologi tinggi, tetapi masih menggunakan tenaga kerja manusia. Karyawan mendapatkan Tunjangan Hari Tua dan ada penghargaan untuk karyawan yang sudah lama bekerja di PT. Vitapharm.

MC, Olivia setia


Viva cosmetic berdiri dari tahun 1962, saat itu perusahaan bernama PT. General Indonesian Producing Center di Jalan Karet, Surabaya. Kemudian pada tahun 1964 berganti nama menjadi PT. Paberik Pharmasi Vita. Kemudian pada tahun 1998 berganti nama menjadi PT. Vitapharm hingga sekarang, yang berlokasi di Jl. Panjang Jiwo No.42, Surabaya. Pada tahun 2008, PT Vitapharm mendapatkan sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) untuk cream, lipstick, liquid dan viscous liquid, serta pada tahun 2009 meyusul powder dan compact powder mendapatkan sertifikat CPKB. Untuk muslimah, tidak perlu khawatir menggunakan produk viva, karena sudah bersertifikat halal MUI.

PT. Vitapharm bener - bener legend


Berbagai penghargaan diterima oleh PT. Vitapharm, nggak hanya dari dalam negeri, tapi juga luar negeri, yaitu GCSS (Global Customer Satisfaction Standard). PT. Vitapharm juga melakukan CSR, diantaranya mendukung lomba tata rias, penyuluhan ke sekolah – sekolah bagaimana cara merawat wajah dengan benar, dan masih banyak lagi.

Agar tetap eksis dan masuk ke pangsa pasar kids jaman now, PT. Vitapharm menerima kunjungan dari berbagai universitas, kegiatan factory visit dan beauty demo, penyuluhan ke sekolah untuk mempraktikkan perawatan wajah dengan benar, dan yang lagi hangatnya nih, saudaranya viva cosmetics yaitu Red-A mengadakan Red-A Zetizen Model

berbagai kegaiatan CSR PT. Vitapharm


Factory visit.


Area PT. Vitapharm kurang lebih sekitar 4,7 hektare. Terdiri dari beberapa divisi, dari HRD hingga produksi, dan sangat peduli terhadap pengolahan limbah, untuk pengolahan limbah itu sendiri, memercayakan pihak ketiga.

viva direktur
Bapak Deni wibisono, kepala divisi (direktur) marketing

Para beauty blogger diajak untuk melihat lebih dekat, bagaimana sih kosmetik Viva itu dibuat, sayangnya tidak boleh membawa kamera maupun handphone, tidak diperkenankan untuk dokumentasi, karena rahasia perusahaan.

Ruang produksinya, aduhai panasnya, katanya sih ruang produksi harus sesuai dengan suhu ruangan, nggak boleh dipasang AC karena sirkulasi AC pastinya berbeda. Nah saat kunjungan, kebetulan cuaca di Surabaya sedang panas, tetapi suhunya masih terbilang normal. Untuk lantainya, tidak boleh pakai tegel atau seperti keramik di rumah, lantainya harus mulus nggak ada gronjalan.

Ibu Ana, kepala unit promosi. Menjelaskan tentang inovasi produk.


Kemudian diajak ke bagian emulsi untuk pembuatan milk cleanser, hand body, dan foundation. Di ruangan ini lebih sedikit karyawannya, sepertinya banyak dikerjakan oleh mesin. Karyawannya hanya mengontrol, mesinnya besar – besar.

produk baru : perfect cleanse make up remover


Yang paling menyenangkan dan dicari – cari nih, cara memproduksi lipstick, dalam satu ruangan besar, sudah ada beberapa bagian, yaitu bahan baku, penimbangan bahan baku, kemudian proses peleburan, dilanjutan ke proses cetak, lalu didinginkan, sebelum dikemas harus dicek kualitasnya, lipsticknya jangan terlalu keras nanti mudah patah, di pabrik ini quality control benar – benar diperhatikan, dicek berkali – kali. 

viva produk baru
produk baru : perfect chine lip color


Menuju ke ruangan yang cukup seger, yaitu melihat dari luar ruangan mikrobiologi, ruangan lab fisika, dan ruangan lab kimia. Ada beberapa mbak – mbak yang sedang sibuk dengan alatnya, dijelaskan juga, formulanya harus sesuai dengan grafik, kalau grafiknya tidak sesuai dengan standar, harus dicari apa permasalahannya.

produk baru : covering foundation, loose pwoder, daily foundation, perfect shine lip color


Tujuan terakhir ada di Ruang retain sample, di sini banyak sekali sample dari produk PT. Vitapharm. Ruangan ini menggunakan suhu ruangan, karena mencocokkan kondisi di toko – toko yang menjual produk viva, jadi bisa dilihat dengan kondisi suhu ruangan apakah ada produk yang rusak atau tidak.

Beauty class.

viva skincare
perawatan wajah

Nggak hanya diajarin make up, tapi diajari juga cara merawat wajah dengan benar. Viva memiliki produk milk cleanser dan face tonic karena untuk membersihkan wajah, memang harus dua langkah. Milk cleanser berfungsi membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up, sedangkan face tonic berfungsi untuk mengangkat sisa - sisa susu permbersih, menyegarkan wajah serta mengembalikan keseimbangan pH kulit. Kemudian dilanjutkan dengan penggunaan viva masker dan skin food, dan kita juga diajari untuk memijat wajah agar rileks. Setelah melakukan semua yang diajarkan, wajah jadi ringan. Nambah ilmu juga nih, kalau membersihkan muka ada urutannya dan urutan gerakan untuk membersihkan wajah.



viva beauty class
yuuuk kita make up



viva pallate
semakin cantik dengan produk viva

Ini dia yang ditunggu, waktunya make up. Dan bertepatan dengan launching produk baru dari viva cosmetics, yaitu perfect cleanse make up remover (jika teman – teman menggunakan kosmetik yang water proof, pembersihnya pakai yang ini), covering foundation, daily foundation, perfect shine lip color, dan perfection loose powder. 


Beauty class ini menggunakan produk barunya viva, kemudian diajarkan langkah - langkah yang benar untuk make up, menggunakan foundation, covering hingga langkah terakhir yaitu lipstick, memberikan tips bagaimana meniruskan pipi, menonjolkan hidung dan menyamarkan kantung mata. Suka deh sama produk covering, karena bisa menyamarkan jerawat kecil - kecil di wajah dan bikin rata warna kulit wajah.


Beauty insight.

komposisi foto
komposisi foto

Materi berikutnya tentang beuty blogger dan mempercantik foto kamu, baik itu untuk feed instagram maupun untuk blog post. Pematerinya yaitu Moch Rizky, Commercial Photography.

101 beauty blogger. Apa sih yang harus disiapkan untuk menjadi beauty blogger? Berikut ada 10 langkah bagi teman – teman yang ingin menjadi beauty blogger :

1. Suka menulis tentang kecantikan.

2. Senang berbagi info yang menyenangkan.

3. Bisa make up sendiri. Bagi teman – teman yang belum bisa make up, sering – sering ikut make up class, agar nantinya review produk kosmetik atau membuat vlog, nggak bingung untuk mengaplikasikan produk kosmetik.

4. Mereview produk kecantikan dengan benar. Meskipun di endorse, katakana dengan jujur kalau produk ada kekurangan tetapi menggunakan bahasa yang halus, jangan hate speech gitu.

5. Membangun networking yang luas.

6. Mau terus belajar.

7. Menguasai teknologi informasi.

8. Kenali banyak merek kosmetik.

9. Jadilah diri sendiri.

10. Paham foto dan video.

praktik selfie nih


Lebih dalam mengulas tentang foto dan video. Pembahasan tentang foto selfie nih, beauty blogger harus paham mana kelebihan dari wajah, sudut mana yang paling cantik saat difoto. Karena kan tujuannya memang untuk “menjual” jadi harus menonjolkan kelebihan kita.

Selanjutnya foto produk yang memang susah – susah gampang ya, hal yang diperhatikan adalah komposisi dan pencahayaan. Komposisi ini yang bikin sedap di pandang mata. Bisa menggunakan building layer foto (menggunakan lapisan), seperti menggunakan majalah, atau yang lainnya yang bisa menghasilkan layer bawah, tengah dan atas. Agar foto produk tampak cantik bisa juga menggunakan warna, dalam satu frame, menggunakan warna yang ditonjolkan. Dan yang paling digunakan oleh beauty blogger adalah menggunakan bunga, untuk mempercantik tampilan, bisa menggunakan bunga satu bucket, bunga yang masih kuncup maupun potongan kelopak bunga.

Nggak sekedar materi, tapi langsung praktik loh, beberapa blogger ikutan bikin praktik foto slefie, dan foto produk. Nggak ketinggalan melihat peralatan dari Mas Rizky, wuiiiih peralatannya harganya fantastis ya, tapi memang kalau sudah professional, ditunjang dengan peralatan yang memang hasilnya nanti juga bagus banget. Kalau beauty blogger, bisa menggunakan peralatan yang seadanya dulu atau bisa disiasati, misalnya ring light yang harganya jutaan, bisa diganti dengan lampu belajar yang memang terang, meskipun hasilnya memang sangat berbeda, bisa lah ya dibilang bagus, diedit dikit gitu. Nabung dulu untuk beli peralatan yang super fantastis gitu.

mi band 2
Alhamdulillah dapat dorprize :)


Kegiatan yang padat, dari pagi hingga sore dan materinya “daging” semua, kita nggak boleh berhenti untuk belajar ya, agar nanti praktiknya bisa maksimal, dan terimakasih untuk Surabaya beauty blogger dan viva cosmetics atas kesempatan yang diberikan. Siap nih untuk mencoba produk barunya. Nantikan reviewnya ya.

1 comment:

  1. Aku juga beberapa kosmetik pakai viva nih, gara2 ibu suka makai kadang2 minta dikit.. Ckckck

    ReplyDelete

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu ya :)

Powered by Blogger.