Friday, June 9, 2017

Tetap Asik Meski Nggak Mudik.

mau liburan kemana?


Sudah 2 bulan sebelum Ramadan, banyak teman yang sudah heboh dengan berburu tiket kereta api untuk mudik, asyik bener teman – teman rela begadang agar cepat dapat tiket, eh padahal belum puasa tapi sudah terasa lebaran. Tahun sebelumnya, aku juga berada di posisi teman – teman yang penuh perjuangan untuk dapat tiket, rasanya gemes banget kalau sudah klik pemesanan, eh ternyata tiba – tiba sudah habis atau kursi Cuma tinggal satu. Maklum, keluargaku ada 3 orang, jadi agak susah kalau bisa dapat 3 tiket dengan nomer yang berurutan, yang paling sering dapat 3 tiket dengan tempat duduk yang lumayan jauh tapi masih dalam satu gerbong.

Tapi, tahun ini tidak mudik, ikh sedih deh! Karena tujuan mudik tuh ke Tegal, dan jarang banget bisa ke Tegal, kalau ke Tegal nggak cukup kalau hitungan hari, biasanya dua minggu ke Tegal, biar mainnya puas! Berhubung kakakku pada kumpul di rumah Mama, jadinya nggak mudik. Keponakan sudah bersiap – siap untuk liburan. Padahal sekolahnya masih ujian, pikirannya udah liburan ke rumah Yangti.

Dibikin asik aja deh ya, meski nggak mudik tetap disyukuri, yang penting masih bisa kumpul bareng keluarga. Agar nggak bosen di rumah mulu dan cuma nonton tipi, baiknya bikin rencana mau kemana untuk “membunuh” rasa bosan. Ketimbang di rumah mulu, ini nih aku rekomendasikan aktifitas liburan yang bisa kamu lakukan :

Merawat hobi.


Kesempatan nih kalau biasanya hobi selalu terbentur dengan kesibukan, bisa juga liburan lebaran dimanfaatkan untuk merawat hobi yang mulai terlupakan. Yang suka motret, cari spot yang kira – kira ramai sama open house, bisa jadi objek human interest. Yang suka vlog, bisa jadi ide untuk mengambil video tentang objek pariwisata yang di daerahmu. Hitung – hitung bisa mengasah kemampuan.

Sebelum mengeksekusi, pastikan bikin rencana dulu, misalnya pengin motret objek yang bagaimana, pengaturan kamera seperti apa, dan lain sebagainya. Agar nggak terasa sia – sia gitu. Setelah dirasa cukup, ceritakan kisahmu di blog, lumayan dong untuk update blog.

Main ke rumah teman yuk!


Hubungi semua temanmu yang memang nggak ada rencana mudik saat lebaran, seseruan bareng teman. Belanja bareng, camping , apaun deh yang bisa dilakukan bersama temanmu.

Silaturahmi sama guru sekolah.


Dulu nih, sering loh aku diajak untuk silaturahmi ke guru sekolah, karena memang rumahnya lumayan dekat, guruku juga open house gitu di rumahnya. Katanya sih udah jadi kebiasaan setiap tahun saat lebaran, alumni angkatan berapapun menyempatkan diri untuk silaturahmi, meskipun guruku juga mulai lupa dengan muridnya yang dulu udah lama nggak ketemu, katanya berasa terharu dan nggak nyangka aja kalau masih ingat.

Tapi, berhubung banyak guruku yang sudah meninggal, dan teman – temanku ada yang di luar kota, nggak silaturahmi gitu kecuali memang ada reuni akbar. Jadi, bagi teman – teman yang mumpung pada tau rumah gurunya di mana, buruan deh silaturahmi, jasa guru sangat besar dalam kehidupan kita.

Berjualan dadakan.


Ketimbang bengong di rumah, mari kita menghasilkan uang! Cari lokasi yang sekiranya ramai sama pengunjung, tapi wajib menaati peraturan. Biasanya sudah ada tempat tersendiri untuk PKL berjualan, jangan merusak fasilitas umum dan tetap jaga kebersihan lokasi tempat kita berjualan. Biasanya yang ramai tuh penjual makanan kecil atau minuman. Atau bisa juga memanfaatkan mobil sebagai lapak, banyak kan yang jualan baju kemudian di gelar di belakang mobil. Kalau modal dikit, kulak’an aja mainan anak yang seribuan itu, bisa dijumpai di pasar. Liburan yang bermanfaat, duit ikut berlipat!


Kalau kamu, punya rencana liburan seperti apa?

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu ya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...