Header Ads

Pekan Sarapan Nasional 2017

sudah sarapan hari ini?


Hari ini sudah sarapan?

Penting nggak sih sarapan itu?

Emangnya bener kalau sarapan malah bikin kurus?

Eh, tapi ada tuh yang sarapan dari rumah, eh di sekolah malah ngantuk, kok bisa?


Wah, ternyata banyak ya pertanyaan tentang sarapan. Kegiatan yang mudah dilakukan tapi ternyata masih ada pertanyaan tentang sarapan. Karena penasaran dengan apa sih sarapan itu, dan bagaimana sih sarapan yang benar itu. Aku ikutan deh acara Pekan Sarapan Nasional yang diadakan di Universitas Airlangga Surabaya kampus C, diadakan oleh DPP Pergizi Pangan Indonesia dan DPD Pergizi Pangan Jatim, tahun ini mengambil tema "Sarapan Sehat dan Jajanan Aman Menuju Generasi Sehat Berprestasi". sebenarnya acara ini juga dihadiri oleh Wali kota Surabaya, eh ternyata Bu Risma nggak bisa hadir karena kesibukan, maka diwakilkan.

antri duluuuu

Pembukaan Pekan Sarapan Nasional dihadiri oleh adik – adik dari berbagai SD di Surabaya, ibu – ibu PKK, teman media dan juga bloger, acaranya tumpah ruah, apalagi venue dekat kolam rektorat, banyak adik – adik SD memanfaatkan sebagai liburan gratis untuk lihat angsa di danau. Serangkaian Pekan Sarapan Nasional, ada banyak macam lomba, diantaranya : lomba mewarnai dan meracik bahan untuk sarapan. Kalau untuk ibu – ibu, bisa mengikuti seminar tentang Sarapan Sehat.

sparkling surabaya

Pemubukaan dimulai dengan tarian Sparkling Surabaya, tarian selamat datang untuk tamu dan peserta yang mengikuti Pekan Sarapan Nasional. Kemudian sambutan – sambutan, yang paling berkesan tuh saat sambutan dari pihak Unair, yang bercerita tentang betapa sulitnya menyajikan sarapan kepada anaknya. Maklum ya namanya juga anak – anak susah kalau disuruh makan, nah jadi ibu harus pinter untuk merayu anaknya agar sarapan. Akhirnya ada ide, dengan cara membuat sarapan terasa lebih menyenangkan, sarapan dikreasikan secara menarik, menyajikan buah dengan potongan kecil – kecil dan beranekan ragam warna dari bermacam buah – buahan. Nggak perlu mahal, yang penting gizi seimbang. Bisa juga memilih buah lokal, seperti pepaya. Kuncinya agar anak – anak mau sarapan adalah bikin suasana sarapan yang menyenangkan.

Acara dilanjutkan ke seminar sarapan sehat. Kalau biacara sarapan tentunya makan pagi, nggak ada kan sarapan siang atau sarapan malam. Sarapan ternyata penting loh, dan buat teman – teman yang diet, sarapan juga membantu melangsingkan tubuh tentunya diimbangi dengan olahraga.

Kok bisa, sarapan bikin kurus?

Pertama – tama lihat dulu asupan sarapan yang kita sajikan, harus gizi seimbang, bukan sarapan satu piring penuh nasi rawon. Ternyata setangkup roti tawar dengan selai stroberi, sudah mencakup kalori yang kita butuhkan. Dengan sarapan kita akan terhindar yang namanya ngemil. Biasanya malah ngemil yang banyak ketimbang makan.


seminar sarapan nasional

Enak di mulut, sehat dan langsing di perut.

Alasan makan dan minum :

  1. Mencegah lapar dan haus.
  2. Menikmati dan menyenangkan.
  3. Sehat.
  4. Sehat berprestasi.
Kalau teman - teman milih yang mana nih? kalau milih nomor 1, berarti pilihan kita masih dasar banget, masih awam atau bisa dikatakan hidup untuk makan ๐Ÿ˜‚

Ciri makanan enak :

  1. Bahan pangan segar atau baru.
  2. Kombinasi bahan pangan yang pas.
  3. Bumbu yang sesuai.
  4. Pengelolaan yang sesuai.
  5. Wadah dan penyajian.
  6. waktu dan suasana.
  7. Kebiasaan lidah.

Percayalah, saat pembahasan materi ini, peserta yang terdiri dari ibu - ibu sangat antusias karena pemateri melempar pertanyaan, tentang bumbu - bumbu masakan rawon, sate, rendang dll. Ibu - ibu yang hadir pada pinter masak!


Contoh makanan yang dianggap enak. Siapa yang suka?

Asal Indonesia, menyukai masakan Rendang, sate, bakso, sato, rawon, pempek, dll. Orang Indonesia lebih menyukai masakan dengan bumbu - bumbu yang banyak. Bayangkan saja, masakan rawon, terdiri dari 10 atau lebih bumbu.

Lain halnya dengan Orang Mancanegara, lebih menyukai makanan yang praktis, seperti Pizza, steak, sadwich, dll.

Banyak hal yang mempengaruhi lansing Vs Gendut, yaitu 8 - J:

  1. Jenis makanan dan minuman.
  2. Jumlah makanan dan minuman.
  3. Jadwal atau waktu makan (juga sarapan).
  4. Jurus mengolah makanan.
  5. Jurus makan dan minum.
  6. Jurus gerak (aktifitas dan olahraga).
  7. Jauh dari polusi.
  8. Jam tidur.

Sarapan.


Kegiatan makan dan minum yang aman dan bergizi di pagi hari sebelum sekolah atau bekerja, memenuhi 15 – 30 % dari kebutuhan gizi harian.

Ini nih, kenapa setelah sarapan kok malah ngantuk, karena kita sering menganggap sarapan sampai kenyang, asupan karbo yang berlebih malah bikin ngantuk.

Mengapa sarapan itu penting?


1. Menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat.

2. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

3. Meningkatkan prestasi belajar.

4. Mencegah jajan sembarangan.

5. Melatih disiplin dan kebersamaan.


Penting untuk siapa saja?


• Sarapan penting bagi semua anggota keluaraga (semua usia).

• Anak sekolah umumnya mempunyai aktivitas fisik padat di sekolah.

• Orang tua yang bekerja di kantor, juga sama saja, kegiatannya banyak yang menguras pikiran dan tenaga.

• Diperlukan sarapan yang berkualitas.


Delapan (8) pesan Gizi Seimbang (Kemenkes 2014) bagi anak sekolah :


1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan.

2. Biasakan makan 3X sehari (pagi, siang, malam) bersama keluarga.

3. Biasakan mengonsumsi ikan dan sumber protein lainnya.

4. Banyak makan sayur hijau dan buah – buahan berwarna.

5. Biasakan membawa bekal makanan dan air putih dari rumah.

6. Batasi konsumsi makanan cepat saji dan jajanan yang manis, asin dan berlemak.

7. Biasakan menyikat gigi 2X sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.

8. Cuci tangan sebelum makan.

9. Hindari merokok.


Sarapan sehat minimal terdiri dari :


• Pangan Karbohidrat : Nasi, ubi, mie, roti, sagu, serealia, dll.

• Pangan protein : Telur, ikan, daging buang lemak, ayam buang kulit dan lemak, tahu atau tempe, dll.

• Sayur atau buah : Sayuran hijau, Tomat, ketimun, pisang, papaya, jambu atau jeruk, dll.

• Minuman : Air putih atau susu, dll.


Mengapa sayur dan buah itu penting ?
  • karena mengandung zat gizi vitamin larut air.
  • pro vitamin A
  • vitamin C
  • Mineral (Kalsium, zat besi, dll)
  • serat.
Yuk, biasakan untuk sarapan sehat dengan gizi yang seimbang.

2 comments:

  1. aku suka sarapan kalo ga sarapan pasti laper.. tapi belum sarapan buah, belum kuat, masih laper, haha

    jadi, masih sarapan bubur atau lontong sayur

    ReplyDelete
  2. saya termasuk yg harus sarapan kalau gak sarapan waduh kepala puyeng dan lemes

    ReplyDelete

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu ya :)

Powered by Blogger.