Header Ads

Cara menggunakan Mi Band dan Pengalaman Menggunakannya


cara menggunakan mi band
Mi band

Punya resolusi agar semakin bugar dan sehat? Mi band bisa menjadi temanmu untuk merealisasikan resolusi kamu. Dapat Mi band dari hadiah salah satu brand susu. Kalau mau beli, kira – kira harganya 300ribuan, ya mungkin sekarang lagi diskon, murah kok. Pertama kali punya smart band, jadi belum bisa membandingkan antara Mi band dengan smart band yang lainnya. Kalau mau beli smart band yang lain, boleh aja. Kalau mau baca cara menggunakan Mi band sekaligus baca pengalaman pakai Mi band, siapa tahu bisa menjadi rekomendasi atau gambaran untuk kamu yang mau beli smart band.

Mengapa judulnya cara menggunakan Mi band?

Karena eh karena, buku manual Mi band menggunakan bahasa china, nggak ada English ataupun bahasa Indonesia. Jadi, postingan ini juga ingin memberikan pengetahuan untuk kamu, aseeeek.😎

Pertama kali yang kamu lakukan saat menerima Mi band adalah wajib bersyukur, namanya rejeki, baik itu besar atau kecil, wajib disyukuri. Kemudian, Mi band di charge dulu, baterainya diisi hingga full, kira – kira satu jam lebih dikit lah. Awalnya bingung nih, mencet – mencet ini itu, kok nggak nyala. Eh nggak tahunya ternyata harus di charge dulu tuh baterai. Pakai kabel usb tersendiri, bukan usb smartphone, kan ada tuh colokan buat layarnya smart band.

Kedua, setelah Mi band terisi penuh, langsung aja ke google play store untuk download aplikasi Mi Fit, yang warnanya oranye. Iyes, Mi band nggak akan berguna kalau nggak download aplikasinya terlebih dahulu, karena Mi band nantinya sikronisasi dengan aplikasi Mi Fit. Gratis kok aplikasinya.

Ketiga, setelah di download, kemudian sign up di aplikasinya, isi data kamu, password dan lain sebagainya. Kemudian kamu bakalan dapat nomer semacam nomer akun / pengguna.

sign up (isi data)


Kemudian log in, dan isi nickname kamu, kemudian klik next.

isi nick name

Pilih gender, klik next.

pilih gender


Pilih tanggal lahir, klik next.

tanggal lahir


Pilih tinggi badan, klik next.

tinggi badan.


Pilih berat badan, klik next.

berat badan

Set goal kamu berapa langkah, menurut rekomendasi dari WHO, idealnya sehari 8.000 langkah. Klik next.

set activity goal


Pilih device yang kamu gunakan, pilih Mi band, kemudian klik next.

select device


Kemudian aplikasi Mi Fit akan mencari device Mi band, oiya jangan lupa untuk mengaktifkan Bluetooth agar terkoneksi antara Mi band dengan aplikasi Mi Fit.

Setelah itu, aplikasi Mi fit akan update firmware, sepertinya update ke Mi Band 2.

update firmware




Dan, Mi band siap digunakan.


Di layar akan nampak, status, play dan profile :

Status : kita akan melihat data berapa langkah yang telah kita lewati setiap harinya, berapa kilo meter dan berapa kalori yang sudah dibakar. sleep data berisi berapa lama kita deep sleep dan berapa lama kita gegoleran (antara tidur tapi belum deep sleep). data berat badan, rata - rata detak jantung, dan data berapa reach goal yang tercapai.

status


status


Play berisi : incoming call (jadi kalau sudah di skronisasi dengan hape, kalau ada incoming call, bakalan getar - getar gitu Mi band yang kita pakai di pergelangan tangan) dan di Mi band juga terlihat siapa yang menelepon (nomer telpon akan terlihat di Mi band). Selanjutnya ada alarm, pakai Mi band saat tidur, atur alarm, nggak ada bunyi, tapi Mi band bakalan getar - getar, sudah mencoba dan berhasil bangun dengan alarm Mi band ini. Kemudian, Mi band alerts yang berfungsi sebagai pemberitahuan jika Mi band tidak terkoneksi dengan Mi fit, biasanya jangkauan terlalu jauh (Sinkronisasi dengan bluetooth). Ada juga Idle alert, ini cocok banget bagi teman - teman yang sering beraktifitas di depan laptop, membantu untuk mengingatkan untuk bergerak. Kira - kira sekitar lima belas menit sekali, Mi band akan bergetar mengingatkan kita untuk bergerak, sekedar mengtitari meja belajar atau jalan mengitari rumah, yang penting gerak. 

Selain itu, ada screen lock, jadi nggak perlu buka lewat layar smartphone, bisa langsung buka layar smartphone melalui Mi band. Discoverable, ini kurang tahu fungsinya apa 😆 . Kemudian bisa add accounts we chat maupun google fit, untuk yang ini, nggak aku aktifit. Selain nggak punya akun we chat, cukup Mi fit aja lah, nggak perlu akun lain.

mi fit play

play


untuk profile : bisa ganti foto profile kamu, informasi rata - rata steps, total kilometer, dan total steps yang tercapai. informasi tentang device (Mi band) baterai berapa persen. informasi activity goal (berapa steps yang ingin dicapai setiap harinya). berat badan yang ingin dicapai. activity alerts, wake up notification, undang teman untuk menggunakan Mi fit dan setting.


mi fit profile

mi fit profile

Nah, kalau Mi band digunakan standar, artinya, pelbagai macam settingan nggak digunakan, hanya memberikan informasi berupa jam, jumlah steps dan detak jantung.

cara menggunakan mi fit
mi band (jumlah steps)


Pengalaman menggunakannya.

Suatu kejadian yang bikin langsung terheran – heran sama badan, saat itu nimbang badan di Mom n Jo Surabaya, eh lah kok ternyata timbangan badan menunjukkan angka 60 😫, langsung makjleb, horor di siang hari. Bukannya ribet masalah badan sih. Tapi horor aja karena angka 60 diambang batas yang namanya kegemukan, bawaannya udah resah dan gelisah kalau mengalami kegemukan, bukan karena tidak sedap dipandang, tapi memikirkan pelbagai penyakit seperti, diabetes, atau suka lelah duluan kalau lari berapa kilo, badan gemuk nantinya kurang nyaman saat sholat, khususnya duduk diantara dua sujud (pengalaman banget 😱), kalau gemuk nantinya baju – baju yang aku pakai bakalan ganti baru karena nggak muat *sayang duit😝*. Bukan takut gemuk karena penampilan, tapi takut aktifitas bakalan terhambat, yang lebih ditakutkan ya kena penyakit diabetes (amit – amit). Meskipun sudah lama menghindari gula, tapi ya suka banget ngemil di luar, atau permasalah intinya kurang gerak, sukanya ngetik mulu.

Karena badanku gampang melar, tapi susah kurus😫, jadi kegemukan jadi persoalan hidup banget lah. Meskipun banyak yang bilang kalau aku masih tergolong kurus karena badanku tinggi, tapi ya namanya badan sendiri, yang tahu kan diri sendiri, kalau jalan beberapa menit udah gampang capek, kalau celana udah sesak, wah saatnya panik!

Maunya sehat tapi males beranjak, *uhuk* aku banget😜. Tapi nggak aka nada hasil yang memuaskan kalau tidak disertai usaha. Ya ya ya ya.. pemalas banget ini kalau maunya enak sendiri. Sudah punya niatan kurusin badan, terus cari cara olahraga yang cocok. Terus bilang ke Mama kalau mau kurus, eh malah dimarahin, disuruh ubah niatnya kalau bukan mau kurus, tapi mau sehat, karena semakin dewasa sudah nggak ada pelajaran olahraga, jadi harus menyempatkan untuk olahraga. Gak apa kalau berat badan nggak turun, tapi isinya otot semua bukan lemak yang menggelambir. Baiklah, mari kita ubah niatan, tahun 2017 ingin lebh sehat!

Awalnya mau beli barbel yang satu kilo, mau beli yang semacam lompat tali, tapi semuanya tinggallah rencana, karena dapat kabar kalau memenangkan kuis dan dapat smart band. Wah, niat untuk sehat, Alhamdulillah semesta merestui.

Mi band sangat asing bagiku, pertama dapat langsung heboh sendiri karena Mi band nggak mau nyala, udah dipencet - pencet kok nggak nyala. Jangan – jangan rusak! Ealah, ternyata harus di charge dulu sampai penuh😦. Eh lah kok buku manual bahasa china semua, nggak ada bahasa inggris apalagi bahasa Indonesia, akhirnya searching cara menggunakan Mi band. Ternyata harus install Mi Fit terlebih dahulu, kemudian mengikuti langkah – langkahnya.

Hari pertama, aduhai beratnya. Udah jalan cukup lama eh ternyata cuma 3000 steps, udah capek padahal, cuma 2 kilo udah menggos, dan masih lama untuk meraih goal yaitu 8000 steps, sebenarnya boleh kok pakai Mi band setiap waktu, karena setiap kita jalan atau lari, akan dihitung. Dan hari berikutnya kembali ke 0 (nol) lari atau jalan hari pertama akan diakumulasikan dengan hari berikutnya kemudian di rata – rata berapa total steps, dan berapa total kilometer, kalau ingin menyimpan hasilnya perhari, bisa keep (download) steps kita atau share di sosmed.

hari pertama

Kemudian memaksakan diri, eh bisa 5000an steps, itu cuma 3 kilo😫 masih kurang jauh, dan bikin lapar.
5000an steps


yeaaay akhirnya 8000an steps tercapai, tapi bukan tercapai saat jalan pagi, melainkan satu hari penuh pakai Mi band.😅
8000an langkah



Seminggu memakai mi band, hanya jalan kaki, nggak lari sama sekali. Kalau tiba – tiba lari, perut jadi kaget. Makanya jalan aja dan mengukur berapa kilo sih kuatnya, ternyata kalau dipaksa bisa 3km lebih dikit lah, itu aja langsung lapar. Nggak setiap hari lari, kalau lagi malas, suka sepedaan, yang terpenting banyak gerak ketimbang diam di depan laptop. Semoga postingan ini bermanfaat ya. Semangat😎

10 comments:

  1. Ok, klo males beranjak tinggal guling2 aja mba.itu masuk gerak kan...hhh

    ReplyDelete
  2. Aku blm pernah pake itu. Mgkn bakalah heboh juga ya, hahaha

    ReplyDelete
  3. wekeke.. jadi keliatan olah raga ya, padahal cuma dipake setiap hari, boleh juga nie gw punya.. buat nunjukin ke orang2 kalo gw aktif olah raga, padahal seharian ngegame :D

    ReplyDelete
  4. memang ya, gemuk itu jadi salah satu momok permasalahan terbesar bagi perempuan. tapi kayaknya nggak berlaku bagi aku deh. aku adalah tipe orang yang makan banyak, keluarnya juga banyak. hiks :(

    ReplyDelete
  5. menarik sekali .. banyak kemudahan dg memiliki mi band yaa...
    saya belum memilikinya mba ..
    sementara menggunakan pengukur yg nempel pada treadmill

    terimakasih specially udah share cara menggunakan mi band,
    kalo beli saya sudah tak bingung lagi, gak tau bhs china :)

    ReplyDelete
  6. Akhirnya aku tau dan mengerti Mi Band ini apa dan gunanya untuk apa. Kudet banget ya aku hihi, thanks reviewnya Mba :D

    ReplyDelete
  7. Oh ini yang kmrn di pake temen ku, tapi ponakan ku juga punya yang dari MILO hahaha

    ReplyDelete
  8. nice info mbak.ini sy bru beli mi band 2.bingung nyalain nya gmn.ternyata kudu di cas dulu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih kudu di cas dulu. have fun ya dengan mi band nya :)

      Delete

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu ya :)

Powered by Blogger.