Header Ads

Hemat ala - ala



Sebagian pengalaman yang menyenangkan ketika jadi blogger adalah diundang untuk menghadiri suatu event, ada yang dapat fee ada juga yang memang butuh ilmunya, jadi penting banget untuk hadir. Mungkin banyak teman blogger yang "melibas" semua event yang bertebaran. Kalau aku sih butuh pilah - pilih untuk menghadiri suatu event. Diantaranya, jarak tempuh, maklum masih angkoters, jadi ya cari event yang lokasinya dekat dan mudah diakses oleh kendaraan umum, pernah sih ke kenjeran yang jauh banget dari rumah, tapi emang seru acaranya, jadi ya capcus aja, kenjeran masih bisa dijamah oleh angkot, jadi lets go! berikutnya, ikut acara yang jam pagi atau siang, kalau acara malam skip dulu, orangtua juga nggak ngebolehin untuk acara malam, ya gimana lagi dong ya, daripada dikutuk jadi bohay *eh* mending nurut, lah wong jam tujuh malam masih di jalan menuju pulang ke rumah, ortu udah sms dan telpon, daripada bikin orangtua resah, jadi ya skip saja untuk acara malam.


Kalau untuk tema dalam sebuah event, kadang aku nggak milih - milih, cukup sering kok ikut acara parenting meskipun masih single, ya itung - itung investasi untuk ke depannya, jadi kalau nanti jadi orangtua nggak kaget, ada persiapan sedini mungkin. Untuk tips menghemat saat menghadiri suatu event pasti teman - teman banyak yang lebih berpengalaman, pengalaman menang live twet, menang apalah - apalah gitu ya yang lebih ke materi, kalau saya ada cara hemat ala - ala :

  1. Membuat beberapa postingan. Kalau acara blogger, hampir selalu membuat reportasenya kan ya? Kalau aku sih bikin beberapa postingan, satu untuk postingan wajib (reportase) yang beberapa lagi untuk postingan lainnya, karena memiliki dua blog jadi bisa sekalian update blog dua - duanya. Nggak perlu dipublish dalam waktu yang berdekatan, bisa jadi "tabungan" postingan. Eksplore saja hal - hal menarik yang ada di sekitar lokasi. Misalnya saat ada event nobar di ciputra world surabaya. aku menggali beberapa bahan yang ada di ciputra, selain reportase tentang film tersebut, aku ambil beberapa view, seperti masjid ciwo yang terkenal bersih dan rapih, foodcourt di ciwo, dan masih banyak lagi. Bisa jadi tabungan postingan, jadi satu lokasi jadi beberapa postingan, nggak ada alasan untuk nggak update blog.
  2. Stok foto yang banyak. Event yang dihadiri seorang blogger, pasti lokasinya banyak sekali yang kece, sayang banget untuk tidak diabadikan, bukan hanya foto selfie, tapi bisa juga foto makanan, foto cuaca, street, human interest, apapun yang menarik di depan mata wajib dijepret. Hal ini bisa juga menjaga kalau ada kuis atau lomba foto yang bertebaran di instagram atau di sosmed lainnya. Kadang kita nggak punya waktu untuk hunting foto, kadang momen foto kurang greget, jadi ambil stok foto sebanyaknya, bisa juga jadi bahan tambahan di blogpost kita.
Cukup dua tips hematku yang dilihat tidak dari sudut pandang materi, Blogger kudu punya stok foto yang banyak ya :))

No comments

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu ya :)

Powered by Blogger.